Nama: Putu Angga Kusuma
NIM: 2005551061
Prodi/Fakultas/Universitas: Teknologi Informasi/Teknik/Udayana
Mata Kuliah: Manajemen Layanan TI (A)
Dosen: I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
Service Design pada ITIL Framework
ITIL mempunyai prinsip untuk mewujudkan pelayanan maksimal (berguna dan dapat diandalkan) kepada pelanggan, optimalisasi sumber daya dan kemampuan, dan menentukan peran dari setiap tugas secara jelas.
Prinsip tersebut didukung bagian utama atau kerangka kerja yang dimiliki oleh ITIL, terdapat lima bagian utama pada ITIL Framework, yaitu:
- Service Strategy
- Service Design
- Service Transition
- Service Operation
- Continual Service Improvement
Dalam artikel ini, membahas mengenai salah satu bagian utama dari ITIL Framework, yaitu Service Design. Service design menjadi salah satu bagian utama dari ITIL Framework karena sebuah layanan IT, jika belum didesain maka tidak dapat memberikan manfaat yang maksimal kepada penerima layanan.
Apa itu Service Design?
Service Design merupakan service yang mencakup mengenai desain layanan dan elemen pendukung untuk pengenalan kepada lingkungan secara langsung. Service design secara umum bertujuan untuk memberikan layanan maksimal kepada penerima layanan, proses tersebut dimulai dari membantu dalam hal perancangan layanan yang efektif dan efisien sehinga dapat meminimalisir perbaikan selama sebuah siklus berlangsung.
Service design juga dapat berperan dalam dunia bisnis, desain yang dilakukan mengacu kepada tujuan dari sebuah bisnis yang menerapkannya. Dengan demikian, service design dapat menjadi sebuah panduan pada sebuah bisnis yang mengimplementasi layanan teknologi informasi sehingga dapat mendesain, meingplementasikan dan menyediakan layanan teknologi informasi secara sistematis dan sesuai ITSM.
Bagaimana contoh penerapan Service Design pada Bisnis?
- Perusahaan X bergerak di bidang bisnis layanan internet yang berorientasi profit, maka peran service design adalah mampu memberikan pelanggan kepuasan akan produk yang ditawarkan sehingga kepercayaan dan loyalitas dapat meningkat.
- Bidang pemerintah yang bertujuan untuk memberikan layanan publik terbaik untuk masyarakat, maka peran service design adalah mampu mewujudkan pelayanan publik yang baik, cepat dan terintegrasi.
- Service Catalog Management
- Service Level Management
- Supplier Management
- Capacity Management
- Availability Management
- IT service Continuity Management
- Information Security Management
Komentar
Posting Komentar