Manusia adalah makhluk unik, dimana manusia dapat berperan sebagai makhluk individu dan manusia sebagai makhluk sosial. Manusia sebagai makhluk individu, memiliki sebuah ranah pribadi dimana tidak ada yang dapat mengetahuinya kecuali dirinya sendiri dan tuhan. Sebagai makhluk sosial, Manusia tidak dapat mencapai apa yang diinginkan dengan dirinya sendiri. Sebagai makhluk sosial karena manusia menjalankan peranannya dengan menggunakan simbol untuk mengomunikasikan pemikiran dan perasaannya. Tentunya manusia membutuhkan yang namanya kontak atau hubungan timbal balik atau interstimulasi dan respon antar individu, antar kelompok atau antar individu dan kelompok atau bisa disebut juga sebagai interaksi sosial. Sebuah hubungan dan saling membutuhkan akan satu dengan yang lainnya, dapat menimbulkan suatu proses interaksi sosial seperti manusia mengikuti sebuah komunitas, organisasi dan lain-lain.
Komunitas adalah kelompok organisme (orang dan sebagainya) yang hidup dan saling berinteraksi di dalam daerah tertentu; masyarakat; paguyuban. Suatu komunitas terbentuk karena adanya keinginan dari para anggotanya untuk mencapai tujuan tertentu yang telah disepakati bersama. Komunitas juga bertujuan untuk saling memberikan bantuan sesama anggotanya sehingga dapat berkembang bersama-sama. Di dalam komunitas sendiri memiliki bermacam-macam jenis sesuai bidangnya masing-masing, baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Saat ini, social media ada beragam pilihan sehingga minat manusia yang ada banyak, dapat terwadahi berkat adanya social media, di mana antar pengguna (individu) memperoleh sarana untuk berinteraksi dengan pengguna lainnya yang memiliki minat sama di dalam social media tersebut. Adapun social media yang dapat digunakan untuk membentuk komunitas itu sendiri seperti, Instagram, Facebook, Google, Youtube, Blogger, Twitter, Whatssap, Line, Telegram dan masih banyak lagi. Sebuah komunitas tentunya memiliki kekuatan yang besar, baik di dunia nyata mauapun di dunia maya. Sebagai besar hal dapat berawal dari sebuah komunitas, dimana komunitas tersebut yang awalnya mengikutinya karena kesamaan tujuan/ visi dan misi atau hobi dapat menjadi tempat berbisnis atau bahkan dapat menggerakan suatu isu yang terjadi di masyarakat. Contoh,
komunitas peduli lingkungan yang mengintervensi masalah perusakan lahan di Kalimantan, komunitas peduli AIDS dan komunitas TIK (Teknologi Informasi) yang membantu daerah-daerah terpencil agar dapat menggunakan teknologi. Adapun cara untuk membangun sebuah komunitas baik itu di dunia nyata maupun di dunia maya. Selain mengumpulkan individu-individu yang memiliki minat atau hal yang sama, terdapat cara atau langkah-langkah dalam membangun sebuah komunitas di social media. berikut langkah-langkah membangun komunitas di social media:
- manfaatkan tagar atau hashtag (#), hashtag dibaca di internet sebagai topik yang terkini, yang dapat memancing dan menarik pengguna social media atau internet lainnya unutk ikut bergabung
- aktif langsung dalam komunitas, hargai mereka yang terlibat di dalamnya (aktif dan pasif), baik di social media (internet) maupun di dunia nyata, saling toleransi antar individu adalah hal yang sangat wajib sehingga akan menimbulkan rasa hormat satu sama lain dan akan membuat hubungan erat antar anggota di dalamnya
- undang kontributor/ donatur/ sponsor (dalam negeri/ luar negeri), sebuah kegiatan dari komunitas apabila dibawa ke dunia nyata dalam bentuk acara atau kegiatan, memerlukan dana untuk keperluan yang dibutuhkan, sehingga peran kontributor/ donatur/ sponsor sangat diperlukan untuk mendukung event tersebut baik berupa merek maupun lainnya
- libatkan komunitas di masyarakat dan publikasi, untuk membentuk sebuah komunitas, perlu dilakukannya sosialisasi dan publikasi di dunia nyata dan dunia maya (melalui website dan beberapa social media lainnya) sehingga kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh komunitas bisa dikenal banyak orang
- memberi inspirasi/ semangat, sebuah kegiatan tentunya ada saja waktu jenuh atau bosannya, hal seperti memberi semangat akan berdampak unutk memicu semangat baru pada semua member.
Komentar
Posting Komentar