Manfaat Sosial Media

Hidup di era digital tentunya harus siap mengikut segala perkembangan serta trend yang sedang update di dunia online ini. Perkembangan yang terjadi pada masa ini tentunya berjalan dengan sangat cepat sehingga masyarakat secara tidak sadar sudah ikut terbawa arus perkembangan ini. Social Media menjadi salah satu perkembangan di dunia digital yang tanpa disadari sudah melekat pada masyarakat saat ini, seperti masyarakat menyukai dan terbiasa mengirim pesan dari aplikasi massenger daripada menggunakan layanan sms pada handphone. Social Media sendiri memiliki manfaat yang banyak dan tentunya menjadi pisau bermata dua jika salah digunakan. Berikut manfaat dan contoh dari social media sendiri.


1. Social Media Menjadi Tempat Persahabatan/ Bersosialisasi/ Relasi/ Kehidupan sosial

Social media sendiri dapat digunakan menjadi tempat untuk mempermudah kita dalam berinteraksi di dunia digital ini. Interaksi yang dapat kita lakukan contoh :

  • mencari teman baru yang tempat tinggalnya jauh
  • menjalin pertemanan dengan orang baru
  • berinteraksi dengan teman tanpa perlu keluar rumah
  • membangun komunitas banyak orang.
 Hal tersebut bisa kita lakukan tanpa perbedaan waktu dan tempat atau secara online sehingga akan mempermudah kita untuk berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari.


2. Social Media Dapat menjadi Ladang Uang/ Materi/ Prospek Bisinis

Hal yang bisa kita dapat selain mempermudah interaksi juga sangat berkaitan dengan yang namanya bisnis yang dapat menghasilkan uang karena dengan social media kita dapat berbisnis dengan cara berinteraksi dengan pembeli secara online. Contoh :

  • membangun olshop atau online shop
  • sebagai tempat untuk melakukan promosi bisnis.
Sesuatu seperti olshop atau promosi tidak lepas dengan yang namanya bisnis. Tentunya dengan sosial media kita mendapatkan wadah untuk memulai bisnis secara online yang tentunya akan mudah diakses oleh banyak orang dan dengan aplikasi sosial media, untuk mengenalkan produk atau jasa yang kita jual akan lebih mudah sehingga sangat menghemat waktu dan tenaga.


3. Social Media Sebagai Tempat Memperoleh Ilmu Pengetahuan dan Wawasan

Selain sebagai tempat untuk berinteraksi dan berbisnis, sosial media juga dapat menjadi tempat memperoleh ilmu pengetahuan yang belum kita ketahui. Contoh :
  • mencari tentang pelajaran yang tidak kita dapatkan di sekolah
  • tempat untuk mempelajari banyak hal secara otodidak
  • tempat untuk melaksanakan proses pembelajaran secara daring.
Dengan perkembangan di dunia digital ini, social media sendiri dapat membantu banyak orang untuk mendapat informasi, wawasan, ilmu pengetahuan yang diinginkan. Social media juga bisa dipakai untuk pendidikan, dimana siswa dan guru dapat mengadakan pertemuan atau membentuk kelas di sebuah aplikasi sehingga dapat mempermudah pembelajaran.


4. Social Media Sebagai Tempat Memperoleh Informasi Terkini

Banyak hal yang dapat kita peroleh dengan social media seperti informasi yang sedang terjadi saat ini atau terkini. Contoh :
  • memperoleh berita yang sedang terjadi di seluruh penjuru dunia
  • informasi tentang iklim di suatu tempat
  • informasi tentang bencana yangb sedang terjadi.
Di era digital ini tentunya informasi menjadi sebuah sesuatu yang penting. Dengan social media, akses yang didapatkan sangat mudah sehingga kita dapat mengetahui tentang berita atau kejadian yang sedang terjadi di seluruh penjuru dunia.


5. Social Media Sebagai Tempat Hiburan

Social media tentunya menjadi sebagai tempat yang menyenangkan sekaligus menghibur untuk sebagian banyak orang sehingga orang akan betah berlama-lama menggunakan social media mereka. Contoh :
  • sebagai tempat untuk menonton film 
  • sebagai tempat membaca novel
Sesuatu seperti hal yang menyenangkan dan menghibur adalah sesuatu yang dibutuhkan banyak orang. Social media sendiri mempermudah akses untuk mendapatkan hiburan tersebut sehingga banyak hal yang menyenangkan dan menghibur yang bisa kita dapatkan dari social media itu sendiri.

Dengan manfaat dari social media itu sendiri tentunya banyak hal yang bisa kita dapatkan dalam penggunaannya. Namun, harus diingat setiap hal tentunya memiliki sisi lain seperti pisau bermata dua. kalimat ini memiliki makna yang begitu dalam, ibarat sebuah pisau yang memiliki manfaat untuk kehidupan manusia, tetapi bisa juga digunakan untuk mencelakai orang atau bahkan diri sendiri. Nah unutk adapun masalah negatif yang muncul dari penggunaan social media seperti :
  • banyaknya penipu baik itu olshop atau orang di social media
  • tempat beredarnya berita yang tidak benar atau hoax
  • malas membaca buku karena digantikan oleh social media
  • orang akan lupa waktu saat menggunakan social media
  • menurunkan kemampuan untuk berinteraksi sosial secara tatap muka langsung
  • bocornya informasi personal
  • cyberbullying
  • gangguan tidur
  • banyaknya konten menghina baik personal maupun SARA dan berbau pornografi
  • kecanduan social media.
Social media sendiri sangat merugikan jika dalam penggunaannya kita mendapat sebagian dari pengaruh buruknya. Nah maka daripada itu tentunya kita harus menyikapi penggunaan social media dengan sebaik mungkin. Adapun cara menyikapinya yaitu :
  • hati-hati dalam berinterkasi dengan orang baru maupun seseorang yang kita kenal
  • waspada terhadap penipuan baik itu dari olshop atau orang yang ditemui di social media
  • selektif terhadap informasi, ilmu pengetahuan, wawasan yang kita dapatkan dari social media
  • riset atau cari refrensi yang lain terhadap informasi yang kita dapatkan dari social media
  • jauhkan diri dari konten sara atau berbau pornografi
  • berkomentarlah dengan positif dan jangan menghina orang lain
  • jaga data privasi diri dengan keamanan yang memadai
  • atur waktu penggunaan social media seefisien mungkin
  • seimbangkan belajar dengan buku dan penggunaan social media
  • atur waktu tidur dan waktu tanpa penggunaan social media
  • tetap beri waktu untuk bertemu seseorang secara tatap muka langsung
  • jangan bergantung dengan social media setiap saat.
Hal di atas adalah tindakan untuk menyikapi hal-hal buruk yang kita dapatkan dari social media sehingga dapat membantu kita dalam menanggulangi pengaruh negatif yang diberikan. Social media sendiri memiliki manfaat positif dan pengaruh negatif secara bersamaan, jadi sebaiknya kita disiplin, selektif dan sikapi dengan baik dalam menggunakan social media dengan cara gunakan social media sesuai porsinya atau secukupnya dalam sehari-hari sesuai keperluan saja, jangan berlebihan dalam menggunakannya karena apa yang kita lakukan secara berlebihan itu tidak baik, sehingga kita akan mendapat manfaat yang kita inginkan.

"Social media is a conversation, social media is customer service, social media is advertising, social media is a connectedness."

- Sarah Beth rosa


Sumber :
  • https://images.app.goo.gl/Nt4waigEhuFk8CBZ8


Komentar